24 Oktober 2009

Bandung Lgi-lagi Disebut Cocok Jadi ICT City

sumber:www.detik.com, www.kompas.com
Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru terpilih Tifatul Sembiring mengungkapkan sangat mendukung kemajuan industri teknologi komunikasi informasi (ICT) lokal.

Menurut Tifatul, suatu saat nanti Indonesia akan memiliki Silicon Valley seperti di Amerika Serikat (AS). Keinginan tersebut sepertinya sejalan dengan keinginan masyarakat Indonesia, khususnya kota Bandung yang baru-baru ini baru saja menggelar event Helarfest yaitu perhelatan kreatif warga Bandung khususnya komunitas kreatif.

Bandung memiliki potensi yang luar biasa untuk tumbuh dan berkembang berbasiskan industri kreatif. Merujuk kepada pengalaman suksesnya Silicon Valley di San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, dan Palo Alto, AS sebagai salah rujukan kota kreatif dunia, Perusahaan teknologi raksasa banyak yang bermarkas di daerah tersebut seperti, Adobe System, Google, Yahoo, Apple Computer, Cysco Systems, eBay, Hewlett-Packard, dan Intel.

Menurut Kamil Ridwan, Ketua Bandung Creativity City Forum (BCCF), Bandung memiliki kemiripan seperti daerah Silicon Valley, AS meskipun dalam skala yang berbeda. Kemiripan itu terkait rumusan Three T (Tiga T) yaitu talenta, teknologi, dan toleransi.

Seperti yang dikutip dari detik.com, "tentu kami ingin tingkatkan industri lokal hardware dan software seperti Silicon Valley," kata Tifatul kepada detikINET.com.

Tifatul menilai, belanja infrastruktur ICT, khususnya telekomunikasi yang tiap tahunnya mencapai 70 triliun, kurang dinikmati masyarakat industri lokal.

Ia juga menyoroti, dengan pengguna telepon seluler yang mencapai 160 juta, seharusnya banyak potensi bisnis yang bisa direguk pebisnis dalam negeri.Red/AN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar