05 Oktober 2009

Tiga Juta US Dollar Bantuan Cepat dari Jerman

Jakarta, 01-10-2009

Kanselir Jerman Merkel menyampaikan duka cita yang mendalam kepada Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono dan menyampaikan kesediaan Jerman untuk membantu Indonesia.

Sehubungan dengan terjadinya gempa besar di Pulau Sumatra pada hari Rabu dan Kamis lalu, Kanselir Jerman, Angela Merkel pada Hari Kamis (01-10-09) dalam pembicaraan melalui telepon dengan Presiden RI Yudhoyono menyampaikan rasa duka yang sangat mendalam. Ia menyampaikan bahwa Jerman akan membantu Indonesia menghadapi masa sulit ini. Kanselir Merkel juga menekankan kesediaan Jerman untuk memberi bantuan. Jerman telah menyediakan Tiga Juta US Dollar sebagai bantuan segera bagi para korban, 1,5 juta US Dollar dari jumlah tersebut diambil dari dana Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman. Selain itu sebanyak 40 Anggota THW (tenaga ahli penanganan bencana) akan ditugaskan di wilayah bencana di Sumatra Barat.

Presiden Yudhoyono menyampaikan terima kasih kepada Kanselir Merkel dan juga berterima kasih atas bantuan Jerman dan menyampaikan, bahwa Indonesia dengan senang menerima bantuan dari Jerman.

Selain itu Menteri Luar Negeri Jerman, Dr. Frank-Walter Steinmeier menyampaikan rasa dukanya terhadap terjadinya gempa di Sumatra kepada Menteri Luar Negeri RI Dr. N. Hassan Wirajuda dan menyampaikan kesedian Jerman untuk membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar